Friday, January 29, 2016

Tips Beli Laptop Baru. Memiliki laptop yang bagus,murah, dan sesuai keinginan memang membingungkan, apalagi jika anda dihadapkan banyak pilihan secara langsung, misalnya di berbagai event pameran laptop. Ada banyak puluhan merek dan model laptop yang bisa anda lihat secara langsung. Semua merek laptop ada di sana. Mulai dari laptop yang memiliki brand bagus dan sangat terkenal seperti apple, asus, dell, sony, allien ware, hp (hewlett packard) sampai pada laptop-laptop standar yang kebanyakan dipakai seperti acer, lenovo, dll.
Namun sebenarnya anda tidak perlu bingung karena dengan banyaknya pilihan laptop yang ingin anda beli baik merek ataupun jenis modelnya, pasti ada salah satu yang paling cocok dengan keinginan dan kebutuhan anda. Nah berikut beberapa tips sebelum anda membeli laptop. Jangan salah beli karena anda akan menyesal jika laptop yang anda beli tidak sesuai kebutuhan fungsional anda.

laptop-bagus-dan-murah

Tips berikut merupakan tips beli laptop yang penulis sarankan dan dapat anda gunakan sebagai pedoman:


1. Catat dan perkirakan program utama apa saja yang ingin anda install.

Dengan mencatat apa saja dan berapa program utama yang ingin anda install, otomatis anda akan mengetahui spesifikasi yang dibutuhkan. Misalnya program yang ingin anda install adalah program design seperti photoshop cs 6. Carilah spesifikasi system requirement for adobe photoshop cs6. Baca berapa kecepatan prosesor dan ran yang disarankan pada adobe photoshop cs 6. Program lainnya yang juga ingin anda install misalnya  3ds max (program untuk design 3d architecture, character modeling, animasi film, dll), anda bisa mencari di situs resminya berapa system requirement yang dibutuhkan untuk menjalankan program tersebut. Begitu juga sofware yang lainnya.

2. Sistem Operasi

Cara memilih laptop tidak terlepas dari sistem operasi yang ingin anda gunakan, apakah anda ingin menggunakan windows, mac (apple), atau linux. Ketika anda membeli laptop biasanya ada laptop yang masih kosong ada juga yang sudah ada sistem operasinya. Jika anda menggunakan windows apakah anda ingin menggunakan 32 bit atau 64 bit. Bit merupakan kecepatan sebuah prosesor komputer. Jaman sekarang yang penulis sarankan anda sebaiknya menggunakan laptop dengan 64 bit processor, karena selain lebih cepat kinerjanya, laptop dengan 64 bit sangat cocok untuk menjalankan program-program berat. Selain itu jika anda ingin menambah jumlah memory RAM suatu hari, laptop 64 bit akan bisa membaca/memanfaatkan ram yang anda tambahkan meski lebih dari 4Gb ram. Sedangkan laptop 32 bit hanya mampu memanfaatkan ram 4Gb meski anda tambahkan mungkin lebih dari 4Gb, misalnya 8GB atau 16 Gb. Jadi sebaiknya pertimbangkan perihal upgrade ram tadi.

3. Bentuk fisik laptop

Laptop memiliki banyak design, baik tebal/tipis, elegan/klasik, ataupun berjenis fungsi ganda (dual functions) bisa sebagai netbook dan juga pad. Laptop dengan fungsi ganda biasanya dikenal dengan laptop hybrid. Jika anda menginginkan laptop ber-performa bagus biasanya laptop jenis netbook tidak cocok. Namun jika anda menginginkan laptop portable (hibryd) yang mudah dibawa ke mana-mana, akan lebih bagus laptop tersebut. Hanya saja laptop multifungsi saat ini masih standar kinerjanya, kalau di install program-program yang gede akan lelet kinerjanya.


5. Perhatikan fitur yang ada

Setiap laptop memiliki fitur yang bebeda-beda. Misalnya untuk urusan suara apakah laptop yang ingin anda beli sudah memiliki kualitas Dolby Stereo/Dolby Advance Audio?. Fitur lainnya yang perlu anda peratikan seperti wifi, slot USB 2.0, slot USB 3.0. slot, HD Web Camera, Microphone in/out jack, Slot jack RJ45 untuk LAN (local area network), Optical Drive untuk backup burning data ke cd/dvd, fitur keamanan seperti Intel Anti-theft, slot HDMI, dan fitur lainnya.

4. Budget

Untuk urusan budget (dana untuk membeli laptop) yang paling tahu pastinya anda sendiri.
Hanya saja tipsnya: jika yang anda inginkan laptop mahal dengan spesifikasi mantap, namun uang yang anda miliki belum cukup, sebaiknya anda membeli laptop yang standar namun tetap dapat digunakan untuk program-program yang anda pakai, atau anda menunggu waktu sampai uangnya terkumpul dan bisa untuk membeli laptop yang paling bagus menurut anda.
Sebagai saran jika anda masih dalam tahap belajar menggunakan laptop atau belajar menggunakan program tertentu, sebaiknya anda membeli laptop yang tidak terlalu mahal. Toh anda belum bagitu mahir dan belum perlu laptop dengan spesifikasi terbaik. Sembari meningkatkan kemampuan anda akan software dan bekerja menghasilkan uang, maka anda dapat mengincar laptop yang jauh lebih baik.
Atau dengan budget yang pas-pasan anda juga dapat mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang sama namun dengan merek (brand) yang berbeda.

Itulah beberapa tips sebelum beli laptop baru, apa saja yang harus anda perhatikan, bagimana spesifikasi yang anda inginkan dan berapa budget yang butuhkkan, sebaiknya anda sebijak mungkin dalam menggunakan uang. Bijak menentukan laptop pilihan tidak akan membuat anda menyesal di kemudian hari.


2 comments:

  1. terimakasih tips nya Mas, memang sih jangan sampai gx tau akan apa" hingga terbujuk rayuan" saja, mesti disesuaikan juga baiknya dengan kebutuhan.

    ReplyDelete
  2. Huhuhu... kalo saya malah nyari yang mau endorsin leptop nih... minat ga? Hahaha

    ReplyDelete

Popular Posts